Berita Terbaru :
Reason Bulughul Maram Five in One 150 Ibadah Ringan Berpahala Besar Cant See You, Cant Hear You, But Love You (Buku 1)

Kamis, 09 Mei 2013

5 Fenomena Antariksa yang Terjadi Seminggu Ini

06.08

 

AyoReading: 5 Fenomena Antariksa yang Terjadi Seminggu Ini~Selain gerhana matahari yang akan terjadi hari ini (9-Mei-2013), banyak fenomena alam unik yang terjadi. Bahkan, lima di antaranya terjadi pada tahun ini.Lima kejadian ini pun sudah dimulai sejak awal minggu ini. Namun, karena skalanya yang sangat kecil, pemberitaan dari fenomena alam semesta ini tidak sempat terekspos dengan baik.Kira-kira, apa saja kejadian alam yang terjadi dalam seminggu ini? Simak dalam ulasan berikut:

1. Hujan Meteor Eta Aquarid

Mulai Senin malam (6/5/2013) kemarin, bumi menjadi saksi bisu dari melintasnya sebuah meteor. Meteor ini bernama Eta Aquarid. Dari bumi, meteor ini pun menunjukkan atraksi yang menarik. Apalagi jika bukan atraksi hujan meteor yang menghiasi langit malam.Tercatat, sejak aktivitas tertingginya 5 Mei lalu, hujan meteor ini akan terjadi dalam setengah minggu ini dan menampilkan 6 meteor per jam-nya.

2. Venus terlihat di langit malam

Sejak Selasa (7/5/2013), kita bisa melihat kehadiran planet kedua yang paling dekat dari matahari dalam sistem tata surya kita. Ya, planet yang dimaksud tersebut adalah Venus.Sejak hari itu, Venus muncul mulai dari senja malam dan terlihat di belahan bumi bagian barat.Sayangnya, karena tertutup oleh sinar matahari dan buruknya cuaca, Venus masih belum bisa dilihat secara utuh. Namun, diperkirakan penampakannya akan terus membaik hingga beberapa minggu ke depan.

3. Gerhana Matahari Annular


Mulai Kamis (9/5/2013), dunia akan menjadi saksi bisu sebuah fenomena alam yang sangat langka. Matahari akan tertutup oleh Bulan untuk beberapa saat.Fenomena ini pun tak hanya akan terjadi selama sehari saja. Diperkirakan, hal ini akan terulang hingga hari Jumat (10/5).Adapun fenomena yang lebih dikenal dengan gerhana matahari ini akan sangat jelas terlihat di beberapa tempat di Australia. Selain itu, Samudera Pasifik bagian Selatan juga akan menemui fenomena ini pada hari Jumat.Gerhana matahari ini sendiri diyakini akan menjadi gerhana sempurna. Hal ini dikarenakan hampir 95 persen matahari akan ditutup sepenuhnya oleh bulan yang melintas tepat di antara matahari dan bumi.

4. Bulan bertemu Venus


Selain kemunculannya di senja malam, Venus di minggu ini akan terlihat berduaan dengan bulan. Hal ini dikarenakan adanya cahaya yang terpantul pula ke Venus.Fenomena ini sendiri bisa dilihat di bumi bagian barat. Sayangnya, kejadian ini akan terlihat sangat cepat karena Venus berada di dekat garis horizon.

5. Bulan bertemu Jupiter


Selain dengan Venus, rupanya bulan juga mempunyai 'teman' lain di minggu ini. 'Teman' yang dimaksud ini adalah Jupiter, planet terbesar dalam sistem tata surya kita. Fenomena ini akan terlihat dengan baik pada Sabtu atau Minggu malam. Lagi-lagi, tempat terbaik untuk melihatnya adalah di bumi bagian barat. Bulan sendiri akan menampakkan fase sabit. Posisi bulan akan berada di kanan bawah dari Jupiter.

 Itulah beberapa fenomena antariksa yang terjadi dalam minggu ini.Smoga bermanfaat




 
Toggle Footer