Berita Terbaru :
Reason Bulughul Maram Five in One 150 Ibadah Ringan Berpahala Besar Cant See You, Cant Hear You, But Love You (Buku 1)

Kamis, 12 April 2012

Melirik Permukaan Planet Mars Lebih Dekat

04.11
detail berita
Permukaan Planet Mars (Foto: Telegraph)
Ilmuwan National Aeronautics and Space Administration (NASA) menunjukkan hasil foto dari kamera resolusi tinggi di Mars Reconnaissance Orbiter kepada publik. Hasil foto itu menunjukkan permukaan planet Mars dengan detail yang tajam.

Dilansir Telegraph, gambar beresolusi high definition (HD) itu menampilkan tekstur permukaan wilayah yang bernama Chaos Aureum di Planet Mars. Wilayah tersebut merupakan wilayah luas yang meliputi dataran tinggi, lahan yang curam dan tonjolan-tonjolan bebatuan.

Sebagian besar batuan di planet Mars itu awalnya telah terbentuk dari proses vulkanik atau sedimen. Hilangnya air atau es di permukaan Mars bisa menyebabkan keruntuhan pada tanah, kemudian membentuk fitur lereng perbukitan yang tampak miring.

High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) juga telah meluncurkan HiWish. Website itu memungkinkan penggunanya untuk melakukan log in dan memilih titik spot yang diinginkan untuk menampilkan gambar permukaan planet Mars.

Pengunjung website tersebut bisa melihat bentuk-bentuk menakjubkan yang tampak di permukaan planet Mars. Bahkan, terkadang menimbulkan persepsi yang tertuju pada objek unik yang telah dikenal.

Beberapa waktu lalu, Mars Reconnaissance Orbiter juga telah menangkap bentuk unik dari aliran lava yang menyerupai kepala gajah di planet Mars. Objek foto yang tertangkap ini memberikan satu contoh dari fenomena Pareidolia.

Fenomena Pareidolia itu bukanlah yang pertama. Beberapa puluh tahun yang lalu pernah ditemukan fenomena yang disebut dengan 'Human Face' atau wajah manusia pada 1976.

Para ilmuwan NASA telah menyatakan, fenomena tersebut sebagai ilusi optik yang disebabkan sudut pencahayaan dari matahari. Sehingga, membentuk morfologi permukaan dan bayangan unik yang dihasilkan serta memberikan kesan yang menyerupai wajah manusia.





Sumber:Okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer