Berita Terbaru :
Reason Bulughul Maram Five in One 150 Ibadah Ringan Berpahala Besar Cant See You, Cant Hear You, But Love You (Buku 1)

Sabtu, 01 September 2012

Stres karena pekerjaan bikin cepat tua!

17.57

Stres karena pekerjaan bikin cepat tua!

Stres karena pekerjaan bikin cepat tua!~Ilmuwan Finlandia menemukan bahwa pekerjaan yang membuat stres bisa menyebabkan seseorang lebih cepat tua dan sakit-sakitan.

Penelitian yang dilakukan oleh Finnish Institute of Occupational Health, ini mengukur panjang bagian DNA yang disebut telomere dan bagaimana stres karena pekerjaan bisa mempengaruhinya. Ilmuwan menemukan bahwa orang yang sering mengalami stres karena pekerjaan memiliki telomere yang lebih pendek.

Telomere, yang terletak pada ujung kromosom, bertugas sebagai pelindung yang memastikan instruksi genetik pada gen kromosom bisa diterjemahkan secara benar oleh sel.Telomere menjadi semakin pendek karena usia, oksidasi, dan paparan bahan kimia. Jika telomere terlalu pendek, maka sel akan mati dalam proses yang disebut apoptosis.

Penelitian yang dipimpin oleh Kirsi Ahola ini kemudian mengamati sel darah yang disebut leukosit, yang penting dalam sistem kekebalan tubuh, pada 2.911 orang berusia antara 30 - 64 tahun.Hasilnya, mereka menemukan bahwa karyawan dan pekerja yang mengalami stres karena pekerjaan memiliki telomere leukosit yang lebih pendek dibandingkan rekan kerja mereka yang tidak mengalami stres karena pekerjaan.

Telomere yang pendek ini rupanya tak sekedar membuat seseorang terlihat lebih tua secara fisik, seperti kerutan dan uban, namun juga membuat seseorang mengidap penyakit tua. Ukuran telomere yang pendek juga terkait dengan penyakit Parkinson, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan usia tua.

"Menurutku, hasil ini perlu diperhatikan bagi mereka yang mengalami stres karena pekerjaan. Stres akut karena pekerjaan bisa memberikan risiko kerusakan yang besar pada kesehatan," jelas Ahola.






Source:.merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer